Penyelamatan Rombongan Kapolda Jatim di Hutan Kerinci Berlangsung Dramatis, Tim Evakuasi Alami Keram

 Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono dan seluruh penumpang Helikopter Super Bell 300 yang mendarat darurat di wilayah hutan Gunung Kerinci, sudah ditemukan dalam kondisi selamat.



Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo menyatakan bahwa rombongan  Kapolda Jambi pertama kali ditemukan oleh tim evakuasi dari SAR Brimob Polda Jambi berjumlah 12 orang.

"Yang temukan dari tim SAR Brimob yon B Polda Jambi," ujar Dedi saat dikonfirmasi, Senin (20/2/2023).

Adapun proses ditemukannya para korban sempat berlangsung dramatis.

Sebab, tim evakuasi sempat mengalami kendala keram karena lokasi helikopoter mendarat darurat sulit terjangkau.

"Sekira pukul 02.00 WIB, tim evakuasi mengalami trouble sebanyak 3 orang yang mengalami keram kaki dan dilanjut 9 orang menuju titik Helikopter dan rombongan bapak Kapolda yang mana pada saat itu jarak menuju lokasi sekitar 2 Km lagi," jelas Dedi.

Selanjutnya, tim evakuasi berhasil menemukan rombongan  Kapolda Jambi sekitar pukul 04.00 WIB di hutan kerinci. Selanjutnya, tim memberikan bantuan selimut.

"Saat ini Tim Evakuasi Udara yang dipimpin oleh Wadansat Brimob Polda Jambi AKBP Boi Sutan Binaga Siregar sedang dalam perjalanan untuk menuju lokasi evakuasi Kapolda yang selanjutnya akan direncanakan untuk evakuasi sementara menuju Rumah Sakit Sungai Penuh Kabupaten Kerinci sebelum diterbangkan menuju Rumah Sakit di Jambi," tukasnya.

Sebelumnya diberitakan, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebut  Kapolda Jambi  Irjen Pol Rusdi Hartono dan seluruh penumpang Helikopter Super Bell 300 yang mendarat darurat di wilayah hutan Gunung Kerinci dipastikan dalam keadaan selamat dan hanya beberapa yang mengalami luka.

"Alhamdulillah sampai pada saat ini kita dapat informasi semuanya masih selamat walaupun ada beberapa yang luka," kata Kapolri ketika ditemui di Stadion GBK, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (19/2/2023).

Saat ini dikatakan Sigit, pihaknya tengah mengupayakan proses evakuasi terhadap para penumpang helikopter tersebut pasca mendarat darurat.

Ia pun meminta doa kepada masyarakat agar proses evakuasi itu bisa berjalan cepat dan melakukan langkah penyelamatan.

"Dan mohon doanya bahwa evakuasi bisa kita lakukan dengan cepat dan melalukan langkah penyelamatan," jelasnya.

Mendarat Darurat di Kerinci

Diketahui, helikopter yang ditumpangi  Kapolda Jambi, Irjen Rusdi Hartono mendarat darurat di sebuah Bukit Tamia, Muara Emat, Kerinci, Minggu (19/2/2023).

Kabid Humas Polda Jambi, Kombes Mulia Prianto menjelaskan Helikopter Polri jenis Super Bell 3001 membawa  Kapolda Jambi beserta rombongan itu dalam rangka kunjungan kerja ke Polres Kerinci.

Adapun penumpang Helikopter yang mendampingi  Kapolda Jambi yakni Dirreskrimum Polda Jambi Kombes Andri Ananta Yudistira, Dirpolairud Polda Jambi Kombes Michael Mumbunan, Koorspri Kompol Ayani dan ADC.

"Mendarat darurat di Bukit Muaro Emat, Kabupaten Kerinci," kata Mulia.

Ia menambahkan seluruh penumpang dalam keadaan selamat.

Saat ini, Tim SAR Polres Kerinci, helikopter dari Tim SAR dan helikopter Sinar Mas sudah menuju ke lokasi kejadian untuk mengevakuasi para penumpang.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Kronologis Rombongan Kapolda Jambi Ditemukan di Hutan Kerinci, Tim Evakuasi Sempat Alami Keram




Belum ada Komentar untuk "Penyelamatan Rombongan Kapolda Jatim di Hutan Kerinci Berlangsung Dramatis, Tim Evakuasi Alami Keram"

Posting Komentar